Memiliki Tujuan Hidup Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian menunjukan, beberapa orang dewasa yang memiliki tujuan hidup lebih cenderung memiliki tidur yang nyenyak dan yang tidak memiliki tujuan hidup cenderung kurang tidur dan gelisah.

Hasil gambar untuk Memiliki Tujuan Hidup Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Individu memiliki lebih banyak gangguan tidur dan insomnia saat mereka bertambah tua. Tapi, temuan tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang merasakan kehidupan mereka memiliki makna adalah 63 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki sleep apnea - pernapasan dangkal atau jeda saat bernafas saat tidur, beberapa kali per jam.

Selanjutnya, mereka 52 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami sindrom kaki gelisah - sensasi tidak nyaman di kaki dan dorongan yang tak tertahankan untuk memindahkannya. Mereka juga memiliki kualitas tidur yang cukup baik, ukuran gangguan tidur global.

"Membantu orang menumbuhkan tujuan hidup bisa menjadi strategi bebas obat yang efektif untuk meningkatkan kualitas tidur, terutama untuk populasi yang menghadapi lebih banyak insomnia," kata Jason Ong, Associate Professor di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

"Tujuan hidup adalah sesuatu yang bisa dibudidayakan dan ditingkatkan melalui terapi mindfulness," Ong menambahkan. Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Science and Practice, tim tersebut melibatkan 823 peserta - orang yang tidak gila berusia 60 sampai 100 tahun dengan usia rata-rata 79 tahun.

Para peserta menjawab survei 10 pertanyaan tentang tujuan hidup dan survei 32 pertanyaan tentang tidur. Kualitas tidur yang buruk ini terkait dengan kesulitan tidur, tertidur dan merasa mengantuk di siang hari. Meskipun para peserta dalam penelitian ini lebih tua, para periset mengatakan bahwa temuan tersebut kemungkinan akan berlaku untuk masyarakat luas.rmir mejor

Memiliki Tujuan Hidup Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak